Kenapa Langit dan Laut Warnanya Biru?

Kenapa Langit dan Laut Warnanya Biru?

Kenapa Langit dan Laut Warnanya Biru?

Agen Poker Online Terpercaya

Pernahkah anda memikirkan kenapa langit serta laut itu terlihat biru? Walau sebenarnya bila kita dekati, langit serta laut itu tak berwarna. Karena, warna biru yang kita saksikan di langit itu adalah hasil dispersi sinar matahari.

Matahari memancarkan sinar putih ke bumi. Bumi dilindungi oleh atmosfer yang tersusun dari beragam jenis gas seperti nitrogen, oksigen, argon, serta uap air yang dapat menyerap sinar putih.

Jika anda ingat di pelajaran fisika pernah disinggung tentang sinar putih yang bila ditinggalkan bagian prisma, maka akan terdispersi jadi spektrum sinar yang menghadirkan beragam warna. Demikian juga dengan sinar matahari, sinar ini setelah masuk melalui atmosfer bumi, akan terdispersi menjadi berbagai jenis panjang gelombang. Masing masing panjang gelombang ini akan muncul sebagai berbagai macam warna seperti warna pelangi.

Info : Yang Tak di Temui

Setiap warna dipancarkan ke ketebalan prisma yang tidak sama. Panjang gelombang yang tinggi jika di tangkap oleh mata akan tampak juga sebagai warna merah, orange, serta kuning. Sedang panjang gelombang yang rendah dikenali oleh mata juga sebagai warna biru, ungu, serta hijau.

Beberapa warna yang mempunyai panjang gelombang tinggi tadi bakal diteruskan dengan cara lurus sedang beberapa warna yang panjang gelombangnya rendah bakal disebarkan ke semua arah. Itulah kenapa warna biru menjadi dominan di langit lantaran warna biru dari sinar matahari disebarkan ke semua arah.

Momen yang diterangkan pada paragraf diatas diberi nama Rayleigh scattering. Menurut Berita Teknologi, sinar yang mempunyai panjang gelombang rendah bakal mempunyai intensitas perpendaran yang semakin besar.

Saat senja mendekati, langit bakal beralih warna jadi merah kekuningan. Hal semacam ini berlangsung lantaran posisi matahari yang semula pas diatas kita beralih jadi serong hingga jarak pandang kita juga beralih.

Agen Adu Q Online Terpercaya

Lantaran jarak yang beralih ini, jadi ketebalan atmosfer yang ditembus sinar matahari sampai ke mata kita juga jadi tambah tidak tipis. Atmosfer bumi kita bisa dianalogikan seperti prisma yang bakal melanjutkan sinar dengan warna spesifik pada ketebalan spesifik.

Warna yang mempunyai panjang gelombang tinggi seperti warna merah diteruskan pada atmosfer yang lebih tidak tipis hingga warna langit terlihat merah jingga ketika matahari terbit atau tenggelam. Warna biru pada laut tidak lain adalah pantulan dari warna langit.

Sekarang kamu paham dan mengerti alasan mengapa warna langit serta laut berwarna biru. Tentu warna biru di langit itu baru akan kelihatan bila tidak mendung.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 12:57 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

close
SITUS RESMI JUDI ONLINE, AGEN POKER UANG ASLI, AGEN DOMINO UANG ASLI, POKER ONLINE UANG ASLI, DOMINO ONLINE UANG ASLI